Rabu, 16 November 2011

 Barcelona: Berita baik baik penggemar komputer. Perusahaan teknologi Amerika global yang berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat, akan mengembangkan sebuah chip, yang disebut Tegra yang dapat digunakan sebagai super komputer masa depan. 

Nvida mengatakan di Barcelona Supwercomputing, Senin (14/11) waktu setempat, pihaknya sedang mengembangkan hybrid supercomputer baru yang akan menggabungakn CPU agar lebih efisien dalam energi, berbasis arsitektur chip ARM, dengan GPU (graphic processing unit) milik Nvidia.

Hal ini ditujukan untuk mengembangkan sistem efisien dalam energi dengan lebih hemat dua hingga lima kali lipat dibandingkan dengan sistem komputer saat ini. "Kebanyakan CPU saat ini mengonsumsi 40 persen daya atau lebih, dalam proyek Mont-Blanc diharapkan bisa meningkatkan efisiensi energi 4-10 kali lipat pada 2014 nanti," ujar pemimpin proyek Mont-Blanc, Alex Ramirez padanews.cnet.com, Selasa (15/11).

Di kesempatan itu, Nvidia juga mengumumkan bahwa National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois, Urbana-Champaign telah mengembangkan proyek bernama Blue Waters, di mana proyek ini berusaha membuat sistem komputer tercanggih di dunia. (MEL)

0 komentar:

Posting Komentar