Rabu, 18 Januari 2012


Wikipedia akan menutup situsnya pada Rabu (18/1) esok untuk memprotes Undang-Undang Antipembajakan yang masih dalam tahap pertimbangan di Kongres. Hal itu diumumkan langsung oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales melalui akun Twitter resminya pada Senin kemarin seperti dikutip Associated Press, Selasa ini.
Wales mengumumkan akan menutup situs versi bahasa Inggris selama 24 jam ke depan sebagai bentuk protes. Para pengguna situs itu juga sudah membahas masalah ini selama lebih dari sebulan untuk melakukan reaksi terhadap undang-undang tersebut.
Perusahaan pengembang situs Wikipedia, Wikimedia, akan terus mengumpulkan masukan dari pengguna dan mengharapkan membuat keputusan akhir terkait protes. Namun, aksi penutupan skala besar itu diharapkan akan segera dilakukan. “Kami akan melakukan aksi protes yang besar,” kata Jay Walsh, juru bicara Wikimedia.

UU Stop Pembajakan Online dan Undang-Undang Kekayaan Intelektual Lindungi yang saat ini masih tertunda di Kongres dirancang untuk menindak kegiatan penjualan produk bajakan AS di luar negeri. Para pendukung mengatakan, UU ini diperlukan untuk melindungi kekayaan intelektual dan bidang pekerjaan. Sementara itu, para kritikus mengatakan UU ini bisa melukai industri teknologi dan melanggar hak kebebasan berbicara.
Perusahaan teknologi seperti Google, Facebook, Yahoo dan lainnya juga telah mempertanyakan UU tersebut. UU itu dinilai bisa menimbulkan risiko serius bagi industri. Beberapa komunitas online seperti Reddit, Boing Boing, dan lainnya juga telah mengumumkan untuk menutup situsnya.

0 komentar:

Posting Komentar