Sabtu, 25 Februari 2012


Hangzhou: Cina mengembangkan lengan mekanik yang bisa dijalankan dengan pikiran. Kantor Berita Xinhua mewartakan, Selasa (21/2), Universitas Zhejiang, Cina, melakukan penelitian itu untuk membantu orang lumpuh. Yakni dengan menanamkan sensor kecil dalam otak. Dengan menggunakan pikiran, lengan mekanis akhirnya akan terdorong untuk melakoni pekerjaan seperti mengambil makanan dan minuman.

Untuk melihat keberhasilan penelitian itu, mereka jalani uji coba menggunakan monyet. Sebuah sensor kecil ditanamkan di otak monyet yang memungkinkan hewan itu menggunakan pikiran untuk mendorong lengan mekanis.

Sensor, berfungsi sebagai kotak, memegang 200 elektroda kecil yang masing-masing terkait dengan satu neuron. Kemudian, sinyal ditransfer ke komputer yang diprogram. Komputer kemudian menganalisis koleksi 200 neuron motor dan mengirimkan sinyal ke lengan mekanik. Akhirnya, lengan bisa membuat berbagai gerakan yang sesuai.

Professor penelitian itu, Zheng Xiaoxiang, mengatakan lebih dari 10.000 neuron di daerah gerakan satu tangan. Dia dan rekan-rekan berhasil membuat langkah pertama dalam menguraikan gerakan tangan dengan 200 neuron.

Selama percobaan berlangsung, monyet bernama Jianhui membuat berbagai gerakan dengan tangan. Sementara lengan mekanik yang diletakkan hanya setengah meter bisa membuat gerakan serupa secara bersamaan

0 komentar:

Posting Komentar