Rabu, 27 April 2011

 Arlington: Hidup di dunia modern terkadang membuat warga di kota besar kerap tak kenal tetangga sendiri. Tak mengherankan, bila kejahatan seperti terorisme justru kerap muncul di sekitar kompleks perumahan. Nah, buat meminimalkan aksi teror, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet seperti yang dilakukan sekelompok warga di Arlington, Amerika Serikat, belum lama berselang.


Tidak seperti kompleks-kompleks perumahan lainnya yang cenderung individualistis, warga di Arlington ternyata sangat akrab dan kenal satu sama lainnya. Keakraban mereka bisa terjalin berkat community website atau website komunitas. Lewat media ini, warga bisa rutin menggelar pertemuan. Tak hanya sekadar berkumpul, para warga juga bisa membahas isu-isu terbaru mulai perpolitikan hingga masalah keamanan di sekitar perumahan.
Saat terjadi serangan 11 September 2001 yang salah satunya menimpa Pentagon, Gedung Departemen Pertahanan AS yang terletak tak jauh dari wilayah ini, warga bisa cepat tahu lewat website komunitas.
“Kami sangat dekat dengan Pentagon. Tanggal 11 September silam ketika pesawat teroris menabrak Pentagon, pengaruhnya langsung berakibat terhadap wilayah kami. Kami mendengar ledakannya dan mencium bau asap bom,” jelas Alice Andors, salah seorang pengelola website komunitas.
Menurut Alice, saat itu ia bisa memobilisasi dan mengkonsolidasi warganya untuk membantu petugas. “Kami mengunakan internet untuk membantu pemadam kebakaran. Membawa makanan, membersihkan rumah yang terbakar dan membawa air. Semua warga bisa membantu berkat surat elektronik melalui website ini,” katanya lagi.
Begitu pula, saat Presiden AS Barack Obama Maret lalu tiba-tiba mengajak Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengunjungi salah satu sekolah di Arlington. Warga bisa cepat mengakses beritanya karena website milik komunitas ini.
Seandainya media seperti ini diaplikasikan di kompleks-kompleks perumahan di Tanah Air, bukan tidak mungkin aksi teror yang terjadi bisa diminimalkan. Jika dimanfaatkan secara benar, kecanggihan teknologi justru bisa membawa keuntungan bagi lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar