Jumat, 20 Mei 2011

 Santiago: Tengkorak mastodon atau bentuk gajah pada masa sekarang, ditemukan di Santiago, Chile, Amerika Selatan. Temuan itu diperoleh dalam penggalian di satu instalasi pengolahan air, ujar salah seorang ilmuwan yang terlibat pada aktivitas penggalian itu, Selasa (17/5). Kondisi tengkorak mastodon itu relatif baik.

Sementara kerangka mastodon itu telah ditemukan 15 Februari silam, selama pekerjaan untuk memperluas instalasi pengolahan air di Santiago oleh perusahaan Suez dari Prancis dan Andes sebuah perusahaan dari Chile.
Mastodon itu memiliki dua sampai empat gading dan mati sekitar 10.000 tahun lalu.
“Ini adalah kerangka tengkorak gomphothere (mastodon) dalam kondisi yang sangat bagus,” kata ahli paleontologi Rafael Labarca kepada AFP.

Satu rahang bawah dan tulang punggung mastodon ditemukan pada 2008 di Chile selatan, tapi itu untuk pertama kali para ahli paleantologi Chile pernah menemukan satu kerangka utuh, kata Labarca.

Penelitian itu didanai oleh perusahaan Prancis, Suez, dan dilakukan di bawah pengawasan Museum Nasional Natural History, diharapkan dapat menghasilkan keterangan paling lambat pada akhir tahun ini mengenai gaya hidup dan gerakan migrasi hewan itu.

0 komentar:

Posting Komentar